Minggu, 21 Agustus 2011

New Honda CBR 1000RR Versi 2012



Bagi pengemar motor Honda khususnya Honda CBR pasti tau dong dengan varian CBR 1000RR. Nah sekarang muncul bocoran foto versi terbarunya di tahun 2012 di berbagai forum dunia maya, yang kabarnya bocor dari distributor honda di Hongkong.

Secara desain paling kental perubahan hanya pada lampu utama yang lebih meruncing. Sedang bagian buntut masih hampir sama dengan versi sebelumnya.

Pemilihan warna pada motor yang juga kerap disebut dengan Fireblade ini tampak sporty dengan paduan tiga warna. Oiya, penampilan panel digitalnya juga terlihat baru dengan visualisasi full digital.


Meski spesifikasi mesin belum diketahui, namun secara kasat mata ada perubahan besar pada suspensi depan. Selain ukuran fork-nya lebih besar, Honda juga tetap menggunakan produk peredam kejut dari Showa. Begitu juga dengan sokbraker belakang anyar. Sayangnya Honda malah belum mengumumkan launching resmi motor barunya ini. Tunggu aja lah tahun 2012 nanti............

Penyebab dan Solusi Kelangkaan Sparepart Bajaj





Bajaj memang patut berbangga karena penjualan motornya mengalami kenaikan 2 kali lipat, tetapi yang aneh sekaligus mengecewakan ternyata sparepart bajaj masih susah di dapatkan. Lalu muncul pertanyaan, kok bisa sih ?????????. 

Ternyata alasannya cukup sepele, tetapi dampaknya berpengaruh besar terhadap ketersediaan sparepart.

"Pemesanan spare part dari India tidak dikirim sesuai kebutuhan kita, penyebabkan karena salah ketik. Di India menulis seribu unit menggunakan koma (,), sedangkan kita pakai titik (.). Sehingga kami di Indonesia dikira hanya memesan satu unit saja," ungkap Dinesh Kulkarni, Vice President Director PT Bajaj Auto Indonesia (BAI).

Misalnya pemesanan yang seharusnya diketik dengan angka 1,000, tapi dengan bahasa Indonesia diketik 1.000. Padahal kesalahan ini terjadi selama bulan Mei dan Juni 2011. Tapi setelah menyadari adanya kesalahan komunikasi ini, pihak BAI langsung melakukan koreksi di bulan Juli.

"Ada tiga part yang bermasalah pasokannya. Yakni gear set, kampas kopling, dan kampas rem. Tapi, mulai bulan lalu pengiriman sudah kembali normal dan kami menjamin ketersediaannya di seluruh dealer Bajaj," tegas Kulkarni.

Selain masalah teknis tadi, PT BAI juga mengaku tengah mengembangkan jaringan distribusi spare part-nya. Hal ini tentunya dilakukan sesuai dengan peningkatan jumlah pengguna sepeda motor Bajaj di Indonesia.

"Distibusinya akan kita potong, kalau dulu dari BAI ke main dealer baru ke dealer. Kini dari BAI langsung ke main dealer dan dealer-dealer kami di daerah. Selain itu, kami juga mulai mendistribusikan part ke bengkel umum," ungkap Rizal Tandju, Event & PR Manager PT BAI.

"Kami selaku main dealer juga sudah mulai membantu mendistribusikan part ke bengkel umum," buka Iki Wibowo, Director PT Jayarama Artha Roda, main dealer Bajaj untuk area Jakarta dan Bogor.

"Awalnya saat usia Bajaj baru 4 sampai 5 tahun di Indonesia, lebih banyak yang memanfaatkan jasa free service dari bengkel resmi Bajaj. Tapi sekarang, Bajaj keluaran awal makin banyak yang beralih ke bengkel umum. Makanya ketersedian partnya kami perhatikan," ungkap pria ramah ini.

Bukan hanya menambah pelayanan dan jaringan aftersalesnya, mungkin sudah waktu bajaj untuk membangun pabriknya di indonesia.

Mudah-mudahan tidak adal lagi inden spare part Bajaj!

Jumat, 12 Agustus 2011

Yamaha YFZ R15 atau R25


Yamaha New YFZ R15 belum lagi di launching, sudah muncul rumor bahwa motor yamaha yang akan di launching september mendatang memiliki kubikasi mesin yang lebih besar yaitu 250cc dan di sinyalir merupakan varian Yamaha YFZ R25.

Memang selama ini telah muncul banyak foto spyshoot yang di embel-embel sebagai varian R15. Menurut rumornya lagi bentuk R15 dan R25 cenderung mirip, sehingga akan sulit membedakannya apakah foto-foto spyshoot yang beredar selama ini merupakan wujud dari YFZ R15 atau mungkin R25.

Seandainya rumor tersebut memang benar tentunya akan menguntungkan bagi pengemar motor sport terutama loyalitas yamaha yang menginginkan membeli motor kisaran 250cc, nantinya akan ada banyak pilihan tentunya. Apalagi menurut isu tersebut R25 akan di produksi dengan dua varian, ABS dan Non ABS. Wow akan bersaing face to face dengan honda donk.....

Bajaj Avenger 220 Dtsi Segera Masuk Indonesia ?????


Kabar baik bagi biker yang menyukai motor bergaya ala chopper. PT. Bajaj Auto Indonesia pada tanggal 9 agustus yang lalu telah mendaftarkan TPT motor bajaj Avenger 220 Dts-i bersama 3 varian motor lainnya.

Dengan spek powernya mencapai 19.03 Ps @ 8400 rpm dan torsi sangar 17.5 Nm @ 7000 rpm yang setara dengan varian pulsar 220f dtsi motor ini terlihat cukup menjanjikan.




Namun ada beberapa detail yang membedakan dengan Pulsar DTS-i 220 . .  yakni yang pertama walau kelistrikan bertipe DC, namun saat mesin di matikan via engine kill switch, maka lampu akan ikut mati untuk menghemat Aki, Avenger 220 nggak pake fitur self canceling wingker (lampu sen yang normal sendiri) , manual choke, dan yang bikin beraura klasik di tambah dengan kunci startnya berada di samping.

Cukup mengiurkan untuk di miliki, apalagi kabarnya motor Avenger ini di india harganya lebih murah daripada bajaj pulsar 220 dtsi. Apabila memang motor ini di jual di Indonesia tentunya akan memiliki pangsa pasar sendiri dan kemungkinan market share yang lumayan, apalagi bila BAI kembali mengaplikasikan jurus Value for the money buat Varian ini. mantap



Kamis, 11 Agustus 2011

AHM Siapkan CBR Berlivery Repsol Honda


Varian Honda CBR series bermotif tim MotoGP Repsol Honda jadi idaman banyak orang (temasuk saya). Bahkan penjualan versi modifikasi seperti yang dilakukan main dealer Honda di Jawa Barat dikabarkan cukup laris.

Selain itu prestasi baik yang ditorehkan pembalap Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso membuat citra Honda semakin kencang juga makin tertanam.

Berangkat dari animo ini, PT Astra Honda Motor (AHM) mengaku sedang menyiapkan pilihan warna Repsol Honda untuk Honda CBR-nya. Hal ini diakui oleh Auddie A Wiranata, Marketing Director PT AHM saat ditemui tim redaksi tadi malam (10/8).

Sayangnya pria ramah ini enggan merinci lebih jauh. Mungkin desainnya akan mirip CBR 150R versi Repsol yang pernah dipajang di launchingnya dulu. Warna dasarnya perpaduan hitam dan orange.

Tanki dan pelek dilabur orange khas pabrikan oli Spanyol. Sedang bagian bodi lainnya punya warna dasar hitam dan dijejali grafis dan sticker sponsor.

Bagaimana dengan harganya, apakah akan lebih mahal? "Enggak juga," ungkap Auddie sambil melihat kasus pada Honda Blade 110R, versi Repsol Honda dan warna reguler hanya beda Rp 200 ribu saja.
Tertarik, kita tunggu saja. http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/08/11/322416/24/8/AHM-Siapkan-CBR-Berlivery-Repsol-Honda

Heboh...Honda Siapkan Pesaing Yamaha Vixion


Nampaknya  Honda semakin gencar dan agresif menggempur pangsa pasar sepeda motor di Indonesia, bukan hanya motor bebek atau varian matiknya tetapi juga pasar motor sport mid end atau kelas menengah 150cc. Setelah merilis Honda New Megapro, kabarnya honda akan kembali melaunching produk motorsport 150cc sebagai pesaing yamaha vixion.

Pangsa pasar motorsport mid end memang cukup mengiurkan, hampir menguasai 75% pangsa pasar motorsport wajar bila honda tidak mau kalah dengan pabrikan lain. Belum ada bocoran bagaimana tampilan motorsport ini, tapi tentunya agar dapat bersaing  wajib bagi motor honda ini untuk memiliki fitur yang setara atau bahkan melebihi saingannya yamaha vixion.

Rumor yang beredar (banyak yang berharap) motor baru ini memiliki basis yang sama dengan mesin honda Cs1 atau bahkan CBR 150 versi naked bike, tapi semuanya masih samar-samar.

Berita ini tentunya memberikan angin segar bagi pengemar motorsport honda, yang menginginkan teknologi dan fitur lebih. Saya sih inginnya motor ini bukan hanya mengandalkan fiturnya saja, tetapi juga mengedepankan desain yang gagah dan keren bisa di terima oleh masyarakat indonesia. Jangan sampai peristiwa seperti Honda CS1 terulang, pada awalnya produknya kurang laku karena desainnya yang terlalu futuristik lebih condong pada aneh. Semoga honda bisa belajar dari pengalaman, dan motorsport honda ini mampu memenuhi harapan loyalitasnya.

Kabar terbaru menurut rumor dari beberapa sumber di blog blog mengenai otomotif motor baru honda 150cc tidak mengunakan deltabox macam vixion tetapi bakalan mengunakan model trellis macam motor Ducati ataupun varian Honda VTR.   Walaupun pengunaan trellis mungkin akan membuat motor honda ini akan terlihat menjadi lebih "menarik", menurut saya yang perlu untuk di perhatikan honda adalah bagaimana untuk mengkamuflase mesin 150 cc yang kecil agar tidak terlihat kopong dipasang pada rangka atau body motor 150cc honda nanti.

Bahan Bakar Sintetik, Lebih Murah Daripada Bakan Bakar Fosil


 Selama ratusan tahun manusia telah mengunakan bahan bakar fosil dan tergantung padanya. Semakin lama bahan bakar fosil yang pada dasarkan merupakan energi yang tidak dapat di perbaharui semakin berkurang. Manusia mulai beralih menggunakan alternatif energi yang lain, tapi dalam beberapa hal energi bahan bakar fosil tak tergantikan.

Kini muncul harapan baru di tengah gencarnya tren perubahan alat mobilitas di seluruh dunia. Berawal dari mobil bensin ke mobil listrik, kini ditemukan bensin sintetik. Harga bensin sintetik ini hanya Rp 3.500 per liter, lebih murah dibandingkan dengan hasil tambang.

Bensin sintetik ini juga memiliki kelebihan lain yakni, bisa langsung digunakan pada mesin bensin sekarang tanpa perubahan dan tidak menimbulkan emisi karbon. Setelah terancam adanya mobil listrik, kini harapan dari produsen mesin konvensional bisa hidup lagi. Sebuah perusahaan asal Inggris yang menemukan bensin sinsetik tersebut, yakni Cella Energy. Dalam program yang sangat rahasia di laboratorium terkenal Rutherd Appleton Laboratory, dekat Oxford, Inggris, bensin sintetik ini dikembangkan dan berlangsung selama empat tahun.

Bensin sintetik ini, menurut Stephen Voller, CEO Cella Energy, memiliki kandungan energi sangat tinggi dan dikemas seperti kapsul dengan teknik nanostruktur yang disebut coaxial electrospraying. Pembakarannya tidak menghasilkan emisi karbon, dikarenakan berasal dari hidrogen. Riset untuk menemukan bensin ini dipimpin Profesor Stephen Bennington bekerja sama dengan para ilmuwan dari Universitas College London dan Universitas Oxford. Semoga saja penemuannya bisa cepat di komersilkan dan di produksi secara massal.

Jumat, 05 Agustus 2011

Piaggio MP3 Hybrid


Akhirnya Piaggio MP3 Hybrid siap dijual di California setelah mendapatkan approval dari California Air Resources Board (CARB). Motor ramah lingkungan ini sebenarnya sudah sejak 2009 diperkenalkan di Eropa.

Sayangnya untuk bisa dijual di Amerika Utara, MP3 Hybrid masih terganjal regulasi dari pemerintah setempat. Dan kini, masyarakat di Amerika Utara khususnya California tinggal menunggu waktu peluncurannya saja.

Untuk pasar Amrika Utara, bisa dipastikan Piaggio akan meluncurkan MP3 Hybrid berkapasitas mesin 278cc. Bukan varian 125cc seperti yang direncanakan sebelumnya.

Sesuai namanya, motor roda tiga ini dibuat dengan mesin hybrid. Perpaduan mesin bakar konvensional 4 tak yang dipararelkan dengan motor listrik tipe synchronous brushless permanent magnet. Kombinasi keduanya membuat penggunaan bahan bakar minyak jadi lebih rendah.

Dalam pengoperasiannya Piaggio MP3 Hybrid dapat dijalankan dengan mode nol-emisi, dimana yang bekerja hanya motor listrik sepenuhnya. Kabarnya model ini bisa mulai dipasarkan tahun 2012 mendatang.

Sayang sekali berdasarkan website resmi piaggio, dengan mesinnya yang 250 cc skuter ini hanya mempunyai top speed 77 km/jam. Too slow, too heavy and too expensive bagi orang indonesia.

Seandainya diproduksi (di Indonesia) suzuki gsx-150r dan gsr-150

Sekedar meneruskan postingan Bro Bobbybear pada forum otomotifnet.com, yang isinya sesuai dengan isi hati saya (halah).

Setelah memperhatikan, membaca, dan menyimpulkan komentar-komentar yang ada di artikel USULAN :: NEXT FACELIFT SUZUKI SATRIA FU !!! (Baca disini) banyak yang mengusulkan bahwa mesin Suzuki Satria FU ditempelkan di motorsport terbaru Suzuki. Sebenarnya artikel dari usulan tersebut udah pernah saya posting KLIK DISINI dan DISINI… Nah buat merefresh kembali, mari kita urut satu persatu…





SUZUKI GSX-150R :
Yeah….SUZUKI GSX-150R sang penerus FXR-150…xixixi… :mrgreen: usulan saya sih begitu ke pihak SUZUKI, untuk desain bisa bonsai aja sang kakak yaitu GSX-600R K11 tetapi dengan headlamp GSX-600R K8, kenapa?? karena headlamp yang K8 jauuuuuh…..lebih keren dari k11…

Untuk Urusan mesin, bisa comot dari SATRIA FU…dengan tetap mempertahankan 150cc DOHC 4 valvesz…SCEM technology…plus tambahan fuel injeksi…programmable ECU…radiators kalu gak mau repot tetep pakai oil cooler tapi dengan dimensi yang lebih besar…rasio kompresi mesin bisa dinaikin jadi 11,5 : 1 misalnya…. mudah-mudahan dengan tambahan itu bisa dongkrak power jadi 21dk!!

Nah, sekarang urusan positioning harga….bercermin dari harga CBR-150 yang akan segera di luncurkan AHM yang berkisar 29,9 juta rupiah, maka harga yang pas untuk GSX-150R ini berada di rentang 25-27 juta rupiah… atau kalau mau head to head alias adu kambing…yo wis patok sama aja 29,9 juta rupiah…..

 SUZUKI GSR-150 :

Nah ini versi naked bikes….Suzuki GSR-150… bicara tentang desain, jika gak mau repot dengan desain baru…bonsai saja moge GSR-750 2010 atau 2011.. seperti yang dilakukan Yamaha dengan Byson, yang merupakan bonsai FZ-6…. gak masalah toh, masih satu keluarga…




Untuk urusan mesin, sama aja dengan GSX-150R….adaptasi dari Satria FU… yah…cuma ganti casing aj. Nah, sekarang urusan positioning harga….bercermin dari harga sang kompetitor Yamaha Byson yang dibandrol 20 juta rupiah dan Honda New MegaPro 19,9 juta rupiah….saya sarankan berada di rentang harga yang sama, yaitu 19-20 juta rupiah… bisa head to head toh….bentur-benturan adu kambing…lha suzuki punya selling point yang lebih dari Byson maupun NMP….selling pointnya apa??? Sisi desain dan mesin… Desain kekar ala klan GSR dan mesin yang sudah adopsi DOHC 4 Valvesz!!!

Ada yang mau ngasi usulan lagi?? Silahkan……. semoga pihak Suzuki membaca…

Kamis, 04 Agustus 2011

Rumor The Next Yamaha Vixion

Vixion SP2

Muncul lagi rumor bahwa kedepannya Yamaha vixion yang berumur 4 tahun di indonesia akan berganti wajah. seperti TMC blog yang menerka bahwa yamaha vixion yang memiliki rem belakang disc brake dan di sinyalir half fairing.

Yamaha Fazer

Hmm, seandainya benar saya inginnya sih bentuknya seperti yamaha vixion SP2 buatan thailand dan fairingnya mirip fairing yamaha Fazer, tentu akan lebih gagah dan keren.

Taruhlah harganya di kisaran kurang lebih 25 jutaan, nggak perlu Yamaha R15 untuk menyaingi new honda CBR 150. Kita tunggu saja kebenarannya nanti......

Tips Merawat Rambut Untuk Pengguna Helm



Penggunaan helm dalam jangka waktu yang lama dan sering ternyata bisa membuat rambut kita menjadi rontok, dan ujung-ujungnya rambut kita menjadi botak. Biasanya bagi anda yang sering menggunakan helm, kasus kebotakan yang sering terjadi pada sekitar ujung dahi rambut. Jika dibiarkan maka kebotakan tersebut akan terus menjalar dan susah untuk diobati.
Berikut Tips Merawat Rambut bagi anda yang sering menggunakan helm.
  1. Tips bagi pengguna helm kurang lebih sama dengan tips untuk perawatan rambut secara umum, namun jika setiap hari menggunakan helm sehingga harus rajin keramas, serta menggunakan  condisioner dan hair tonik menjaga kelenturan rambut.
  2. Jangan biarkan rambut basah menggunakan helm sehingga usaha benar-benar kering.
  3. Sering-sering merawat helm, misalnya membersihkan kacanya dengan kit/pengkilat motor untuk lapisan luarnya. biar tampilan tetep kinclong. Semprotkan pengharum untuk bagian dalam (tersedia pengharum khusus helm) atau pengharum buat pakaian (semacem trika/kispray).
  4. Rajin-rajin mencuci bagian dalam helm bagi yang bisa di copot (minimal dua minggu sekali) dengan cara di rendam di air panas dan detergent. bilas dan keringkan dengan di angin-angin. jangan di kucek dan diperas karena akan merusak busa di dalamnya. Dan jangan lupa bersisir usai lepas helm.
  5. Beri handuk/kain pada bagian dalam helm yang berfungsi menyerap keringat yang dikeluarkan oleh rambut, dengan cara seperti ini akan mengurangi kerontokan dan kebotakan pada rambut. http://www.nabit-ist.com/tips-merawat-rambut-untuk-pengguna-helm.html

Rabu, 03 Agustus 2011

KTM Duke 350 dan FreeRide 350 di Jual Tahun 2013



Time line motor-motor baru KTM di masa depan mulai terkuak. Lewat sebuah materi presentasi dalam dealer meeting di Amerika yang bocor, model-model terbaru KTM hingga tahun 2014 bisa kita lihat.

Paling fenomenal adalah disiapkannya KTM Duke 350 cc untuk pasar Amerika. Motor yang merupakan kolaborasi KTM dan Bajaj dari India ini sudah pernah digosipkan akan muncul varian 350 cc.

KTM telah sukses dengan varian Duke bermesin 125 cc di Eropa dan akan segera menyusul model 200 cc untuk pasar Asia di 2012. Dan kemudian direncanakan mesin 350cc untuk pasar Amerika di tahun 2013.


Selain itu, model prototipe yang bakal jadi kenyataan adalah KTM Freeride. Trail mungil ini memiliki dua model bertenaga listik dan satu lagi dengan mesin konvensional 350 cc. Besar kemungkinan, mesin ini sama dengan yang digunakan pada KTM Duke 350.

Model baru lainnya adalah kehadiran superbike baru yang dilabeli Super Duke R 1290. Varian ini dipastikan akan menjadi bukti konsistensi KTM yang mulai masuk ke area motor jalanan. Bukan hanya trail dan sepeda motor adventure off road.

Satu lagi yang benar-benar baru adalah Adventure 1290. Secara desain, motor penjelajah ini boleh disandingkan dengan BMW GS 1200 dan Yamaha Super Tenere.

Suzuki Skywave 250M Dari Jepang

Meski mengusung nama Skywave yang sama dengan skubek Suzuki di Indonesia, tapi jangan samakan teknologi Skywave 250M asal Jepang ini dengan Skywave 125 di tanah air. Selain kapasitas mesinnya lebih gambot, Skywave 250M juga mengusung teknologi CVT canggih.
Suzuki menyebutnya SECVT (Suzuki Electrically-controlled Continuously Variable Transmission). Masih menggunakan transmisi automatic CVT, tapi pergerakannya diatur secara elektronik.  Transmisi ini juga telah digunakan Suzuki pada skubek gambot Burgman 650. 

"Controller SECVT menghitung putaran mesin berdasarkan kecepatan kendaraan dan posisi throttle, dan secara otomatis menyesuaikan ratio CVT. Tidak seperti sistem CVT konvensional yang menyesuaikan ratio hanya berdasarkan putaran mesin," ungkap Kazutoshi Ohashi leader dalam pengembangan SECVT.

Selain ratio CVT jadi lebih presisi sesuai dengan kondisi berkendara, perangkat ini juga bisa dikembangkan ke banyak pilihan mode transmisi. Seperti pada Skywave 250 ini, pengendaranya bisa memilih mode transmisi CVT, 7AT dan 7MT.

Ketiganya punya cara kerja berbeda. Mode CVT benar-benar bekerja layaknya CVT konvensional. Sedang 7AT menciptakan perpindahan gigi layaknya transmisi 7 kecepatan, tapi dioperasikan secara otomatis. Sedang yang terakhir adalah 7MT, yang ini dioperasikan secara manual dengan menekan tombol di panel setang sebelah kiri.



Lanjut ke mesinnya, satu silinder DOHC dengan 4 klep dan pendingin air. Pengkabutan bahan bakarnya sudah injeksi dan diklaim memiliki tenaga hingga 26 PS pada 7.500 rpm. Torsinya mencapai 25 Nm pada 6000 rpm.

Didesain dengan bodi supergambot, skubek besar ini punya boks bagasi di bawah jok bervolume 65 liter. Dua helm full face bisa masuk. Ditambah lagi konsol luas di bawah setang, yang juga punya fitur charger untuk telepon genggam.

Menariknya lagi, kuncinya sudah menggunakan sistem keyless layaknya mobil terkini. Cukup simpan kunci disaku celana atau baju, id akan terhubung secara otomatis dan mesin bisa langsung dihidupkan dengan menekan tombol.

Di Jepang Skywave 250 tipe M ini adalah varian tertinggi diantara keluarga Skywave 250. Harga jualnya dilepas 714.000 Yen atau setara Rp 78,8 juta. Tertarik......

Selasa, 02 Agustus 2011

CBR 150 Baru dan CBR 150 Lama Bisa Saling Tukaran Knalpot Racing


Kabar baik buat pemilik Honda CBR 150R baik versi lama atau model terbaru. Pasalnya meski punya desain yang total baru, kedua varian ini bisa saling bertukar knalpot racing.

"Selama mesin dan rangkanya sama, kemungkinan besar sama. Tapi saya juga belum pernah coba," ungkap Dodo dari Dodo Racing. Penasaran? Yuk langsung coba.

Beberapa knalpot racing CBR 150R lawas berlabel CLD, Nobi dan DBS di jajal. Sebelum memasang, lepas dulu fairing kanan kiri dan cover bodi di kolong. Dan ternyata semua bracketnya sama!

"Semua bracket-nya ternyata sama. Baut leher hingga bracket di footstep belakang juga sama," terang Freddy A. Gautama pemilik speed shop Ultra Speed di bilangan Jl. H Mencong, Ciledug, Tangerang.

Setelah memastikan bracket sama, fairing dipasang kembali. Lagi-lagi tidak ada penyesuaian. Artinya bisa saling tukar nih! Pemilik CBR 150R baru bisa dengan mudah memilih knalpot racing. Beragam model dan merek sudah banyak beredar di pasaran.http://motorplus.otomotifnet.com/read/2011/08/02/322105/211/27/Asik-CBR-150R-Lama-dan-Baru-Bisa-Saling-Tukar-Knalpot-Racing-

KTM Duke 125 VS RIEJU Marathon Pro125

KTM Duke 125 

Meski tenaga motor cuma 15 hp dengan torsi 11.3 nm tetapi motor ini relatif lebih canggih dibanding motor yang beredar di tanah air, ingat tenaga 15 hp itu didapat dari mesin 125 cc dimana kompetitornya yang berkapasitas lebih  besar seperti Tiger hanya bisa brojolin 16 hp atau V-ixions si giant killer yang cuma beda 1.5 hp.

ENGINE
Engine type 1-cylinder, 4-stroke
Displacement 124.7 cc
Bore x stroke 58/47.2
Performance (homologated ) 11.3kW @10,500 rpm
Max. torque 12 Nm @ 8,000 rpm
Compression ratio DOHC
Starter /Battery Electric starter
Transmission 6 gears
Fuel Mixture Generation Electronic fuel injection
Control 4 V / DOHC
Lubrication Preassure lubrication
Final drive 14:45
Cooling Liquid cooled
Clutch Multi-disc wet clutch, hydraulically operated
Engine Management Bosch
CHASSIS
Frame Chromium-Molybdenum trellis frame
Subframe Steel
Handlebar Steel tapered DM 26/22 mm
Front suspension WP USD Ø 43 mm
Rear suspension WP monoshock
Suspension travel front/rear 160/160 mm
Front brake Disc brake Ø 280 mm
Rear brake Disc brake Ø 230 mmr
Rims front/rear 3,00 / 17″ x 4,00 / 17″
Tyres front/rear 110/70 x 17“ x 150/60 x 17“
Silencer Steel (KAT)
Stering head angle 65°
Trail 100 mm
Wheel base 1,350 +/-15 mm
Ground clearance 185 mm
Seat height 810 mm
Tank capacity ca. 11 l (ROZ 91)
Weight (ready to race) ca. 128 kg


Rieju Marathon Pro 125 
 
Pabrikan motor asal Spanyol (salah satu anak perusahaan Yamaha), Rieju siap menghadapi persaingan di kelas supermoto ringan dengan varian anyarnya Marathon Pro 125 SM. Bahkan secara hiperbolis sebuah media otomotif di Inggris menyatakan motor ini adalah calon pembunuh KTM Duke 125.

Sebagai penantang KTM Duke 125, Pro 125 SM tentu tak disiapkan alakadarnya. Oleh Rieju, beberapa fitur tambahan baik sektor tampilan dan mesin sengaja dipasang di motor ini.

Dari sektor tampilan, motor ini tampak gagah dengan wujud supermotonya. Terlihat dari sasis double cradle nan kokoh, serta bodi yang bersudut tajam khas dirt bike. Di bagian kaki-kaki, motor ini dikawal suspensi upside down 40 mm dari Marzocchi, dan adjustable monoshock dari Olle.

Semakin gagah, Pro 125 SM sudah mengaplikasi knalpot Leo Vince serta pelek palang model Y berkelir hitam yang dipadukan cakram besar model gelombang.

Motor 125 cc si Rieju ini sanggup mengeluarkan tenaha hingga 15 BHP dan bisa mencapai kecepatan 70 mph atau sekitar 120 km/jam, nampaknya walau hanya berpengabutan karburator tapi cukup powerfull.
Sedang mesinnya, motor ini dibekali mesin 125 cc tegak berpindingin air 4-valve dari Minarelli. Sepintas, mesin ini mirip dengan milik Yamaha V-Ixion yang beredar di Tanah Air. Bedanya mesin ini telah dilengkapi perangkat pengatur mapping pengapian dan piston balap buatan Pistal.

Urusan harga, Pro 125 SM ini memang tergolong kelas premium kalau dilepas di Indonesia. Pasalnya di pasaran Inggris, Pro 125 SM dilepas sekitar Rp 50 jutaan, tak jauh beda dengan KTM Duke 125 dengan Rp 48 juta.
Rieju 125 Full fairing


Spek Rieju
Model: Rieju RS3 125
Year: 2011
Category: Sport
Rating: 64.9 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 125.00 ccm (7.63 cubic inches)
Engine type: Single cylinder, four-stroke
Engine details: Minarellei-Yamaha engine
Bore x stroke: 52.0 x 58.6 mm (2.0 x 2.3 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Carburettor. Keihin CVEK 30
Ignition: CDI
Cooling system: Air
Gearbox: 5-speed
Transmission type,
final drive: Chain
Exhaust system: Exhaust pipe with aluminium silencer
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Triangular double cradle double steel tube
Front suspension: Inverted fork, 40mm.
Rear suspension: Mono-shock shock absorber, adhustable
Front tyre dimensions: 100/80-17
Rear tyre dimensions: 130/80-17
Front brakes: Single disc
Front brakes diameter: 280 mm (11.0 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 220 mm (8.7 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 128.0 kg (282.2 pounds)
Seat height: 845 mm (33.3 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,100 mm (43.3 inches)
Overall length: 1,970 mm (77.6 inches)
Overall width: 720 mm (28.3 inches)
Wheelbase: 1,330 mm (52.4 inches)
Fuel capacity: 12.00 litres (3.17 gallons)
Oil capacity: 1.10 litres (0.07 quarts)
Other specifications
Starter: Electric
Electrical: 12 Volt
Color options: Red, white