Rabu, 11 Januari 2012

Suzuki GW 250 Bakal Terganjal KTM Duke ?


Di Tahun 2012 Suzuki akan membuat gebrakan dengan rencananya mendatangkan Suzuki GW 250 alias Suzuki Thunder 250. "Kalau tidak ada halangan tengah tahun 2012, kemungkinan pas Pekan Raya Jakarta (PRJ)," bisik narasumber dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM Suzuki di Indonesia.

Sedang harganya tetap akan masuk segmen premium di angka Rp 40 jutaan. "Harganya tidak akan jauh dari Ninja 250R dan CBR 250R," bebernya lagi.

Menurutnya, motor ini punya diferensiasi bila dibandingkan dengan dua motor sport 250 cc yang sudah lebih dulu beredar. GW250 bukan sport fairing, jadi lebih cocok untuk perjalanan dalam kota.


"Selain itu mesinnya juga dua silinder bukan seperti CBR 250R yang hanya satu silinder," ungkapnya yakin motor ini bakal ramai diserbu pecinta turing. Motor ini mengusung mesin dua silinder. Tiap kepala silinder punya konstruksi single overhead camshaft (SOHC) dan 2 klep. Meski teknologinya sederhana, tapi sudah mengadopsi injeksi bahan bakar dan berpendingin air. Suzuki mengklaim tenaganya mencapai 18 kW di 8.500 rpm.

Wheelbase-nya yang panjang hingga 1.430 mm menjelaskan kalau motor ini lebih mengutamakan stabilitas ketika berkendara jauh. Suspensi depan teleskopik dan monoshock di belakang diharapkan mampu membuat perjalanan lebih mengasyikan.

Merupakan suatu langkah yang berani dari pak Paulus dan suzuki untuk mendatangkankan motorsport ini (entah itu keinginan pak Paulus sebagai pimpinan suzuki di Indonesia atau memang sudah rencana global suzuki) akan tetapi ini langkah ini akan menjadi suatu gebrakan bagi kebangkitan motor suzuki di Indonesia.

 

Akan tetapi langkah suzuki tersebut nampaknya akan mendapat ganjalan, dalam hal penjualan tentunya dengan rencana akan di datangkannya KTM Duke 200 (atau 250 dan 150). Sama-sama mengusung konsep naked bike dan street fighter walaupun beda cc dan jumlah silender ( akan sama ccnya apabila benar rumor KTM Duke 250 dan 150 untuk Indonesia) serta memiliki keunggulan sendiri, namun power dan dan spesifikasi KTM Duke cukup mengiurkan menyamai bahkan di beberapa hal KTM Duke lebih superior dari GW 250 tentu akan berbenturan. Bahkan harga KTM Duke di Indondonesia sendiri di sinyalir akan lebih murah daripada GW 250 yang katanya bermain di segmen premium, Di India KTM Duke 200 dijual setara honda CBR 150 dan yamaha R15 yaitu di kisaran harga 21 hingga 22 jutaan, yang rencananya akan di launching pertengahan 2012 juga di indonesia.


Seperti dilaporkan motorbeam, India, mesin KTM Duke 200 memang hanya satu silinder. Tapi sudah DOHC dan memiliki 4 klep. Pengkabutan bahan bakarnya juga sudah injeksi, kabarnya juga telah mengadopsi sistem close loop. Kemampuan mesin 200 cc-nya juga enggak main-main. KTM mengklaim tenaganya mencapai 25,51 dk di 10.000 rpm. Sedang torsinya mencapai 20 Nm di 8.000 rpmb setara mesin 250 cc bobotnya pun  cuma 137 kilogram.

Menurut rumornya lagi KTM tidak akan mengunakan jaringan Penjualan Bajaj di indonesia, namun sungguh pun begitu belum ada belum ada kepastianakan kebenarannya. Meski belum ada kepastian, PT BAI sebenarnya punya potensi untuk dipilih. Sudah lama bermain di pasar sepeda motor nasional, PT BAI setidaknya unggul soal jaringan distribusi juga after sales. "Jualan motor kan harus memperhatikan jaringan penjualan dan after salesnya. Sedang kita di PT BAI sudah punya itu," yakin Budi Dirgantoro, Sales Functional Head PT BAI.
Menghadapi hal tersebut Suzuki memang wajib untuk mengoptimalkan jaringan penjualan, pelayanan after sales, promosi yang baik dan nama besarnya yang lebih superior daripada KTM yang baru akan bermain di pasar motorsport Indonesia, Jangan sampai terlena seperti sebelum-sebelumya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar