Minggu, 10 Juni 2012

KTM Duke 200 “Mahal” Masalah Psikologis ???

Image

KTM Duke 200 merupakan superbike ber-cc “kecil” pengembangan dari KTM 125, hasil racikan insinyur KTM Eropa bersama-sama insinyur Bajaj India. Lho mengapa bersama bajaj….bagi yang belum tahu sebenarnya wajarlah bajaj telah menguasai lebih 40% saham dari pabrikan KTM, jadi wajarlah keduanya bekerja sama dalam pengembangan motor ini (termasuk adaptasi mesin KTM yang di gunakan Untuk Bajaj Pulsar 200NS).

Di India sendiri KTM Duke 200 (menurut blog2 dan media online yang saya baca) pertama kali di launching di jual di kisaran harga 21-22 Jutaan. Siapa yang tidak tergoda pada motor ini dengan power 25hp/10000rpm, shock upside down dan berat hanya 136kg. Rencana juga KTM juga akan segera memasarkan KTM Duke 200 ini di Indonesia, bahkan baru-baru ini terlihat mobil berlogo KTM mengakut 1 unit KTM Duke 200 ini.

Sayangkan KTM sendiri berkeinginan memasukan Duke 200 ke dalam segmen motor premium (mewah dan mahal dong) dan akan membangun jaringan dealernya sendiri, berbeda dengan “saudara jauhnya” yang menganut value for money.

Melihat harga KTM Duke di India yang di jual sebelas duabelas dengan CBR 150 yaitu di kisaran 21-22 jutaan, dan CBR 150 di sini sebagai motor premium di jual seharga 33-34 jutaan tentunya konsumen mengira-ngira bahkan berharap bahwa KTM Duke 200 akan di jual kurang dari 35 jutaan rupiah.
Cukup mengejutkan atas pengakuan prinsipal KTM yang kabarnya akan menjual Duke 200 di atas 40 juta bahkan mendekati/lebih  dari harga kawasaki ninja 250. Mungkin bagi kalangan atas harga segitu tidaklah seberapa di bandingkan desain dan fitur yang akan didapat, tetapi bagi kalangan menengah yang mungkin untuk membeli motor yang agak sedikit kelas premium perlu menabung atau perlu mengumpulkan banyak uang dengan waktu yang agak lama harga tersebut sudah pasti di bilang mahal.

Mahal ??? Tergantung….mungkin lain ceritanya apabila konsumen tidak mengetahui bahwa di India Duke di hargai 21-22 jutaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar