Selasa, 12 Juni 2012

Waspada Penipuan Berkedok Kupon Undian Berhadiah Masih Marak


Sebenarnya saya sudah tidak kaget lagi saat menemukan "sepotong" kupon undian berhadiah yang menunjukkan bahwa saya mendapatkan hadiah sebuah mobil merek tertentu. Karena ini memang bukan pertama kalinya saya menemukannya, apa wajar kalo kita tiba-tiba menemukan undian berhadiah di depan rumah begitu saja, di dalam bungkus deterjen bubuk yang lempar keteras rumah, atau bungkus kopi merek tertentu...padahal kita tahu kalau merek yang bersangkutan tidak mengadakan undian berhadiah. Tapi bisa saya bilang si penipu karena dengan beraninya memalsukan surat ijin dari kepolisian dan pemberitahuan undian dari perusahaan penyelenggara undian yang bersangkutan.

Saran saya apabila anda menemukan kupon undian berhadiah seperti ini :
  1. Carilah terlebih dahulu informasi di media elektronik atau online mengenai produk tersebut apakah benar perusahaan yang bersangkutan benar-benar mengadakan undian berhadiah.
  2. Apabila memang benar perusahaan yang bersangkutan mengadakan undian berhadiah, cek lagi ke customer service yang tercantum pada kemasan produk (bukan nomor telepon yang tertera pada kupon undian, karena bisa saja palsu) untuk meminta konfimasi apakah kupon undian berhadiah anda asli.
  3. Apabila kupon tersebut terbukti palsu, laporkan pada pihak yang berwajib dalam hal ini kepolisian.
Menurut pengalaman saya  alami bentuk penipuan ini bukan hanya dalam bentuk kupon undian, tapi bisa juga dalam bentuk amplop berisi surat berharga palsu, cek atau giro palsu dengan nominal tertentu, entah apa motif dan modus saya tidak begitu tahu. Yang pasti kita harus selalu waspada, karena penipuan punya banyak cara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar