Gegap gempita peluncuran Ducati Monster 795 yang khusus dipasarkan di untuk Asia ini sudah begitu terasa sedang minggu lalu di Kuala Lumpur.
Di Ibu Kota Malaysia yang menjadi tempat peluncurannya ini, Ducati sudah menyiapkan spot-spot strategis untuk memajang varian terbarunya. Beberapa boks penutup sengaja dipajang agar konsumen hanya bisa mengintip.
Tapi setelah peluncurannya dilakukan kemarin (20/10), tabirnya terbuka jelas. Varian Ducati yang dibuat khusus Asia ini ternyata memiliki mesin yang sama dengan Ducati Monster 796 yang sudah lebih dulu beredar.
Tenaganya besar dengan kapasitas mesin 803 cc. Mesin L-Twin 2 Desmodromic-nya ini memiliki powe 87 Hp. Lebih besar dari Ducati Monster 696 yang hanya 80 hp dari mesin 696cc. Keinginan pasar Asia pada mesin yang bertenaga ini dijawab Ducati dengan menekan harga jualnya.
Caranya dengan mengawinkan mesin bertenaga dari Monster 796 dengan desain, rangka dan kaki-kaki yang sama seperti Monster 696. Keterangan dari website resmi Ducati menunjukan bentuknya malah sama persis, bedanya hanya pada emblem 796 di dekat knalpot.
Pembeda lainnya, Monster 795 dan 696 ini masih menggunakan swing arm konvensional bukan mono arm seperti yang dipakai Monster 796. Selain itu desain peleknya juga hanya palang tiga bukan Y Shape palang 10.
Rencananya Monster 795 ini akan dijual di Thailand, China, India, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Philipina, Vietnam dan Singapura. Saat diluncurkan di Kuala Lumpur kemarin, Monster 795 ini dilepas dengan harga sekitar 70 ribu Ringgit atau setara Rp 180 jutaan. Sedang di tanah air, kabarnya akan dilepas mulai Rp 225 jutaan.
Namun tidak perlu menunggu terlalu lama, menurut rencana, motor ini juga akan segera diperkenalkan di Indonesia pada tanggal 10 Desember 2011 mendatang. "Akan launching tanggal 10 Desember ini rencananya," ungkap President Director PT Supermoto Indonesia Agustus Sani Nugroho yang merupakan distributor Ducati di Indonesia kepada detikOto, Jumat (21/10/2011). "Harga saat launching Rp 225 juta, Januari 2012 harga naik jadi Rp 235 juta," tuntasnya.
Spesification:
Frame: Tubular chrome moly steel trellis, casted aluminium subframe
Wheelbase: 1450 mm (57.1in)
Rake: 24°
Rear swingarm: Double sides swingarm
Front suspension: Marzocchi 43mm upside-down forks
Front wheel travel: 120mm (4.7in)
Front wheel: 3-spoke light alloy 3.50 x 17
Front tyre: 120/60 ZR 17 Pirelli Angel ST
Rear suspension: Progressive linkage with preload and rebound Sachs adjustable monoshock
Rear wheel travel: 148mm (5.8in)
Rear wheel: 3-spoke light alloy 4.50 x 17
Rear tyre: 160/60 ZR 17 Pirelli Angel ST
Front brake: 2 x 320mm discs, 4-piston radial calliper
Rear brake: 245mm disc, 2-piston calliper
Fuel tank capacity: 15 l (3.8 US gal) / 13,5 l (3.6 US gal) ABS version
Dry weight: 167kg / 169 kg ABS version
Instruments: Digital unit displaying
Warranty: 2 years unlimited mileage
Body colour (frame/wheel): Red (red / black) - Arctic white silk (red / black) - Diamond black silk (red / black)
Versions: Dual seat
Seat height: 770mm (30.3in)
Engine Type: L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air cooled
Displacement: 803cc
Bore x Stroke: 88 x 66mm
Compression Ratio: 11:01
Power: 64kW - 87 CV @ 8250 rpm
Torque: 78 Nm - 8 kgm @ 6250 rpm
Fuel injection: Siemens electronic fuel injection, 45mm throttle body with stepper motor
Exhaust: Lightweight 2-1-2 system with catalytic converter and twin lambda probes
Transmission Gearbox: 6-speed
Ratio: 1=32/13 2=30/18 3=28/21 4=26/23 5=22/22 6=24/26
Primary drive: Straight cut gears; Ratio 1.85:1
Final drive: Chain; Front sprocket 15; Rear sprocket 39
Clutch: APTC wet multiplate with hydraulic control
Emissions Standard: Euro 3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar