Kamis, 21 Juli 2011

Skuter Vespa dan Lambretta


           Apabila kita mendengar kata skuter, pastilah yang yang terlintas dalam pikiran kita adalah model model skuter matik buatan pabrikan seperti yamaha, honda, suzuki dan skuter matik yg lainnya. Hal ini wajar karena memang saat ini merupakan masa kejayaan skuter matik yg produknya terjual laris manis di seluruh Indonesia.
           Sebelum skuter-skuter matik berjaya di Indonesia,  telah ada skuter yang sudah memiliki varian dan nama nama yang tidak asing seperti piagio dengan vespanya dan Lambretta. Vespa dan lambretta, kedua jenis skuter ini cukup populer dan merupakan pesaing pada masanya.

Vespa
Merupakan buatan pabrikan piagio. Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya Piaggio adalah pabrikan yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.

Pada akhir Perang Dunia II, pabrik Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang usai, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk mendisain alat transportasi yang murah

Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Konstruksi suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya terbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.

Menurut berbagai sumber, Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang konstruksi Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.

Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris.

Lambretta
Merupakan skuter legendaris mulai tahun 1922, ketika Ferdinando Innocenti pindah ke Roma untuk tujuan membangun pabrik. Produk ini merupakan industrialis baja, dan kepintarannya membuat barang Innocenti itu menjadi terkenal di seluruh Eropa.

Pada tahun 1931, Ferdinando pindah ke Milan, yang telah menjadi pusat industri di Italia, dan sebuah pabrik baru dan lebih besar dibangun. Mr Innocenti mengembangkan sebuah tabung baja halus untuk industri, dan 6000 orang yang bekerja di pabrik ini.

Lalu datanglah Perang Dunia II, dan pabrik dikurangi menjadi tumpukan puing membara. Ketika Ferdinando dilihat perangnya tanah air rusak pada tahun 1946, dia melihat jalan menyobek, kota-kota diratakan, dan penduduk pergi dengan sarana transportasi yang sedikit.

Seperti Mr Piaggio, ia beralasan bahwa jawaban untuk masalah transportasi, adalah scooter - kendaraan yang akan menampilkan biaya produksi yang rendah, menjadi murah untuk beroperasi, dan akan menawarkan perlindungan cuaca yang lebih baik dari sepeda motor. Produksi motorscooters dimulai pada tahun 1947, setelah satu tahun sudah habis dalam mengembangkan dan menguji model prototipe.

Lambretta yang telah dibuat di seluruh dunia, dari tempat kelahiran mereka di Italia untuk negara-negara lain seperti Spanyol, India, Argentina, Brazil, Chili dan banyak lagi. Meskipun beberapa produsen melakukan pasar Lambretta dengan nama berbeda, seperti Serveta dari Spanyol, Siambretta dari Amerika Selatan, mereka semua berbagi desain keluarga yang datang berasal dari Italia.

Innocenti kematian datang pada saat penjualan skuter yang melambat karena mobil kecil memasuki pasar dengan harga yang terjangkau. BMC membuat kesepakatan dengan Innocenti bagi mereka untuk memproduksi mobil di bawah lisensi dari BMC. akhirnya Innocenti dijual kepada BMC, yang dengan cepat melihat produk Lambretta sebagai trik. pemogokan industri Long terjadi, bersama dengan penjualan skuter yang kurang akhirnya mengakibatkan penutupan pabrik Innocenti pada tahun 1972. Pabrik itu dijual kepada pemerintah India, dan Sekuter India Ltd mulai produksi dengan menggunakan perkakas Innocenti sekitar dua tahun kemudian. SIL berhenti memproduksi skuter roda dua pada tahun 1998, dan hari ini bertahan pada memproduksi versi sendiri dari Lambro roda tiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar