Minggu, 30 Oktober 2011

M2, Motor Listrik Tanpa Peredam Kaki


Kaki-kaki kaku seperti roda delman
 
Dari satu sisi, guratan gambar desain motor konsep yang ditawarkan Pedro Marcondes sangat menarik. Apalagi konsepnya untuk motor balap bertenaga listrik. Baterenya mudah dibongkar-pasang jika harus ikut kejuaraan enduro.

Penampilan motor berjuluk M2 ini sejati ala kuda besi balap jalanan. Bodinya atletis. Tarikan garis lurus yang kaku dan runcing menunjukkan sisi simpel dan aerodinamis.

Jika ditengok, karya Marcondes menarik di bagian kaki-kakinya yang seperti roda delman alias dokar. Dua roda ala casting wheel, tapi mirip spokes wheel. Sebab banyak jerujinya.

Soal desain peredam kejut depan, fork terlihat kaku. Mirip fork girder. Tapi, tak tampak tabung oli atau gas dan per sebagai peredam kejutan.

Kaki belakang pun begitu. Desain lengan ayun yang terdiri dari tiga lapis besi kotak amat kokoh. Tapi, lagi-lagi tidak terlihat komponen sokbreker antara lengan ayun dan rangka M2.

Andalan motor konsep Marcondes adalah pemisahan 6 sel baterainya. Dengan bodi simpel, keenam sel baterai mudah ditarik keluar dari kedua sisi. Biar gampang ganti baterai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar