Sabtu, 15 Oktober 2011

A - Concept Mobil Murah Daihatsu Digarap oleh Arek Suroboyo

img

Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh anak bangsa. Desainer asal Indonesia kembali membuktikan kehandalannya dalam merancang mobil. Mobil konsep berharga murah dari Daihatsu yakni Daihatsu A-Concept digarap oleh arek Suroboyo.

Dialah lelaki berusia 35 tahun yang bernama Mark Widjaja. Dia mampu mengalahkan 3 desainer dari Jepang lainnya dalam menggarap mobil Daihatsu ini.

"Di sana saya mengalahkan 3 desainer asal Jepang, saya memang sengaja menciptakan desain ini khusus untuk market Indonesia namun harus bisa diterima untuk luar negeri," ujar Mark Widjaja, Selasa(26/7/2011), di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, Ji-Expo Kemayoran, Jakarta.

Konsep yang ditawakan Mark pun sangat sederhana tanpa menonjolkan banyak lekukan seperti kendaraan biasanya, yang menarik garis lurus dan langsung melengkung di lampu utama belakang yang mengesankan lebih panjang dari biasa.

"Orang indonesia itu lebih menyukai desain mewah dan berbeda, unik, sporty dan furturisik. Oleh sebab itu saya menghilangkan bentuk lekukkan. Karena apabila terdapat banyak lekukan iniakan menimbulkan kesan kecil," ujar Mark yang merupakan jebolan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

"Namun konsep desain itu tak lepas dari beberapa faktor yaitu, proposional, arsitektur, something special. Dan desain ini lebih mengarah ke proposional, dengan kesan stabil, bemper belakang pun menggambarkan seperti sumo, yang menggambarkan kekokohan, dan perlu diketahui mobil ini mobil kecil namun terlihat panjang, begitu pun dengan knalpot yang sengaja saya taruh tengah agar lebih terlihat lebar," ujarnya sambil tersenyum.

Lelaki murah senyum berparas oriental ini pun berharap agar desainnya dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Apa arti A-Concept bagi Mark?



img







"Saya memberi nama A-Concept, karena ini merupakan awal dari semuanya untuk menjadi dari perubahan selain itu saya hanya membuat kendaraan ini dalam waktu 3 bulan saja. Dan saya berharap agar konsep ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan memahami sama seperti yang saya pahami," tutup Mark.

Sayang sekali memang bukanlah merek mobil buatan nasional yang dirancang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar