Minggu, 02 Oktober 2011

Polisi Tidur Jadi Sumber Energi


Sudah menjadi rahasia umum bahwa adanya polisi tidur atau speed bump bertujuan untuk keamanan. Tetapi berdasarkan penelitian muncul isu baru yang berkembang. Ternyata banyak energi yang terbuang percuma pada saat kendaraan melewati rintangan ini.

Setiap kendaraan akan melakukan pengereman, yang menyebabkan energi mesin terbuang. Ditambah lagi saat melakukan akselerasi setelah melewatinya, pasti pedal gas akan ditekan lebih dalam. Selain itu, permukaan badan polisi tidur akan menerima energi dari bobot mobil yang melakukan kontak.



Nah beberapa insinyur memiliki ide untuk menggunakan energi yang terbuang itu tadi untuk sumber tenaga traffic light, lampu jalan dan lain sebagainya. Perusahaan bernama New Energy Technologies asal Amerika pun mencoba menerapkannya.

Yaitu dengan membuat polisi tidur sebagai sumber energi. Caranya ketika speed bump dilewati mobil, akibat bobot kendaraan, lantainya  akan  turun. Akibat penurunan itu, lantai akan menekan roda penggerak yang akan memutar motor pembangkit listrik yang mirip altenator jika di mobil. Kalau sering dilewati kendaraan berarti suplai listrik juga akan terus tersedia.

Daya ini bisa dipakai untuk penerangan jalan,  rumah, traffic light dan lain sebagainya. Bisa diterapkan di mall, pintu tol, bandara dan tempat lain yang selalu dilewati oleh kendaraan.

Seandainya polisi tidur semacam itu diterapan di Indonesia, boleh juga tuh sebagai energi alternatif  secara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki polisi tidur terbanyak di dunia................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar